Travelgraf

Travel Guide Info

Bukit Tuamese dan Pesona Alam Raja Ampat di NTT

Travelgraf – Lokasi wisata di Pulau Timor Indonesia memang belum terlalu tekenal layaknya Bali, Yogyakarta, serta beberapa tempat yang lainnya. Padahal tersimpan kekayaan alam yang sungguh sangat luar biasa mengagumkan.

Salah satunya ialah Bukit Tuamese yang berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu. Warga sekitar menyebutnya dengan nama Raja Ampat karena memiliki hamparan alam seperti di sana dengan dihiasi beberapa pemandangan gundukan bukit yang sangat cantik.

Pemandangan yang tersaji diantaranya sebuah danau yang berwarna kebiruan dipadupadankan dengan hijaunya perbukitan. Untuk menuju Puncak Bukit Tuamese memang harus mendaki sekitar 200 meter, namun trekking yang dilakukan tak begitu susah.

Berikut ulasan lengkap mengenai Bukit Wisata Tuamese:

Lokasi Bukit Wisata Tuamese

Lokasi Bukit Wisata Tuamese terletak di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Bukit Wisata Tuamese

Jika kamu bergerak dari luar kota dan menggunakan pesawat terbang dapat menuju Atambua, selanjutnya dengan melakukan perjalanan darat menuju Bukit Tuamese dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan menuju Bukit Wisata Tuamese dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sesekali kamu akan menjumpai beberapa hewan ternak milik warga yang berlalu lalang di sepanjang jalan. Jika menggunakan kendaraan sendiri, baiknya jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar yang kamu temui.

Kamu akan menemukan persimpangan jalan, beloklah ke arah kanan menuju Manamas jika ke kiri akan menuju Timor Leste. Karena Atambua berada di perbatasan Negara Republik Demokratik Timor Leste.

pintu masuk bukit tuamese
pintu masuk bukit tuamese. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah memakirkan kendaraan kamu harus melanjutkan menuju puncak bukit dengan menapaki beberapa anak tangga yang sudah disusun sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung.

Namun, tangga tersebut tak akan membawamu hingga ke puncak bukit. Untuk selanjutnya kamu harus trekking mendaki bukit, meskipun tak terlalu tinggi tetapi cukup curam jadi kamu harus berhati-hati.

Jam Buka Bukit Wisata Tuamese

Jam operasional Bukit Wisata Tuamese dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Jadi kamu dapat datang kapan saja. Banyak pengunjung yang datang ketika sore hari, untuk dapat menikmati indahnya Sunset.

Tiket Bukit Wisata Tuamese

Belum ada harga khusus untuk dapat menikmati keindahan di Bukit Wisata Tuamese alias gratis.

tangga menuju bukit tuamese
tangga menuju bukit tuamese. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas Bukit Wisata Tuamese

Fasilitas umum yang ada di Bukit Wisata Tuamese terdiri dari:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Spot foto

Daya Tarik Bukit Wisata Tuamese

Destinasi wisata yang satu ini memang belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, namun pesona yang dihadirkan membuat siapa saja yang datang menjadi ketagihan. Berikut daya tarik yang dimiliki Bukit Wisata Tuamese:

1. Menyaksikan Raja Ampat NTT

bukit tuamese
bukit tuamese. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Yang menjadi daya tarik pertama dari Bukit Wisata Tuamese ialah hamparan perbukitan yang menyerupai keindahan Raja Ampat di Papua. Perbukitan tersebut dihiasi dengan birunya air danau, serta terlihat bentangan laut lepas di ujung panorama alam.

Terdapat beberapa bukit yang dapat kamu daki, view di setiap bukit akan berbeda-beda. Jika musim hujan tiba hijaunya pepohonan akan sangat tergambar jelas, sungguh indah sekali.

Keindahan Bukit Tuamese pernah hadir dalam sebuah film garapan Ari Sihasale dengan dibintangi artis cantik Pevita Pearce. Sehingga membuat lokasi wisata yang satu ini semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

2. Indahnya Sunset

Di salah satu puncak bukit kamu dapat bersantai sambil menunggu tenggelamnya matahari. Menyaksikan dengan mata kepala sendiri perubahan warna alam yang sangat menakjubkan.

3. Hunting Spot Foto

Di Bukit Wisata terdapat beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan untuk berfoto, diantaranya:

  • Spot foto dengan lambang bentuk hati
spot foto favorite pengunjung
spot foto favorite pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Spot foto yang satu ini merupakan incaran pengunjung yang datang ke Bukit Tuamese, dengan bentuk hati yang cukup besar berwarna merah dihiasi latar belakang keindahan perbukitan serta birunya danau.

  • Landmark Bukit Tuamese

Spot selanjutnya berada di puncak bukit yang lainnya, dimana terdapat sebuah tulisan yang menjadi landmark destinasi wisata yang satu ini.

  • Mengabadikan Sunset
menyaksikan cantiknya sunset
menyaksikan cantiknya sunset. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Agenda foto selanjutnya ialah mengabadikan keindahan sunset di Bukit Tuamese.

Lokasi Bukit Wisata Tuamese sering juga digunakan untuk kegiatan pemotretan Prewedding, melihat keindahan alam selalu menjadi latar terbaik dari apapun juga.

Tips Wisata

mengabadikan keindahan alam bukit tuamese
mengabadikan keindahan alam bukit tuamese. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Bukit Wisata Tuamese:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Gunakan topi atau kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari.
  • Bawalah makanan atau minuman yang cukup sebagai bekal ketika berada di Bukit Tuamese.
  • Berhati-hatilah ketika mendaki bukitnya.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi wisata yang satu ini.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Bukit Wisata Tuamese.

Bukit Tuamese merupakan salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Alamnya yang masih sangat asri membuat hati menjadi lebih damai dan tenang.



close