Travelgraf

Travel Guide Info

Ke Madura, Anda Harus Coba Empat Kuliner Wajib Ini

Travelgraf – Saat mendengar kata Madura pasti salah satu hal yang keluar dalam pikiran sobat adalah karapan sapinya. Padahal Madura menyimpan begitu banyak pesona wisata lainnya. Salah satu yang tidak bisa kita lewatkan tentu pesona kulinernya yang beraneka ragam.

Mulai dari hidangan penuh bumbu penuh dengan cita rasa menggoda hingga menu penutup yang memanjakan lidah sobat semua ada lo. Nah jika sobat sedang mengunjungi Pulau Madura pastikan kamu mencicipi kuliner ini.

1. Sate Madura

Sepertinya mustahil membicarakan kuliner dari Madura tanpa membicarakan menu yang satu ini sobat. Karena memang ini salah kuliner yang paling terkenal dari Madura. Bahkan kita akan menemui dengan mudah warung sate madura di kota-kota besar di Indonesia.

Nah mencicipi sate Madura di kota asalnya tentu sobat bakalan mendapatkan pengalaman berbeda dibandingkan menyantapnya di tempat lain. Memiliki bahan dasar daging ayam ataupun kambing yang dibakar garing yang dipadukan dengan saus kacang gurih semakin melengkapi pengalaman santap sobat.

2. Soto Madura

Sepertinya tiap daerah di Indonesia memiliki versi sotonya sendiri sepertinya sobat tidak terkecuali daerah Madura. Namun yang membedakan soto Madura dengan soto di daerah lainnya. Soto madura memiliki ciri kuah yang kaya rempah serta dimasak menggunakan santan. Sehingga kuah sotonya tebal dan pekat.

Kemudian kuah soto tersebut dicampurkan bersama aneka daging dan jeroan yang telah digoreng terlebih dahulu, wah pastinya lezat sobat.

3. Rujak Selingkuh

Alasan dari nama nya yang unik karena menu ini sebenarnya merupakan gabungan dari dua menu yaitu rujak dan soto. Perpaduan antara bumbu rujak serta kuah dari soto babat menjadikan menu ini memiliki citarasa unik yang tidak dapat sobat temukan di tempat lainnya.

4. Es Kobbu

jangan lupa setelah keliling seharian mencicipi berbagai kuliner yang tersedia harus ditutup dengan makanan penutup pelepas dahaga dengan segelas Es Kobbu. Minuman khas Madura ini dibuat dari campuran gula aren, cengkeh, jahe, pala, serta air pandan yang direbus bersama. Minuman ini kemudian ditambahkan kelapa muda dan juga es batu sehingga menambah sensasi kesegaran saat mencicipinya.