Travelgraf

Travel Guide Info

Tarimbang, Pesona Pulau Terindah Yang Tersembunyi Dibalik Dunia

Travelgraf – Sebuah hal yang patut dibanggakan, dari sekian banyak pulau indah yang ada di dunia ini, ternyata Pulau Sumba masuk ke dalam 33 besar pulau terindah di dunia.

Tentu saja banyak kriteria dari penilaian tersebut. Seperti : keindahan alam, kelestarian ekosistem, serta kebersihan kawasan pulau.

Di Pulau Sumba, terdapat sebuah pantai cantik, surga bagi para peselancar. Nama pantai tersebut adalah Pantai Tarimbang.

Pantai Tarimbang menjadi pelengkap puzzle kesempurnaan keindahan Pulau Sumba. Faktanya, meskipun lokasinya sangat jauh dari Ibu Kota Jakarta, tetapi banyak sekali wisatawan asal Ibu Kota yang datang.

Perlu diketahui, bahwa Pantai Tarimbang memiliki ombak yang tidak terlalu besar, dan tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, lokasi Pantai Tarimbang bisa menjadi destinasi wisata keluarga.

Meskipun demikian, aspek keamanan adalah hal yang harus tetap diutamakan dalam berwisata. Akses menuju Pantai Tarimbang bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, atau dengan kendaraan roda empat.

Dan selama di di perjalanan bersama keluarga, banyak sekali pemandangan indah yang bisa dinikmati. Sebelum sampai di lokasi utama, sebetulnya Pantai Tarimbang sudah dapat terlihat.

Tidak lama dari lokasi tersebut, anda akan memasuki kawasan pemukiman penduduk. Lalu kendaraan anda akan berjalan lurus diantara rindangnya pepohonan, hingga sampai ke lokasi dekat Pantai Tarimbang.

Setelah itu, para pengunjung tinggal berjalan beberapa langkah. Hingga akhirnya kaki pengunjung sampai di hamparan pasir putih, dengan view di depan mata sebuah hamparan laut dengan warna airnya yang biru.

Ada dua alternatif untuk menuju Pantai wisata ini yaitu via Sumba Barat (Waikabubak) atau dari Sumba Timur (Waingapu). Untuk keduanya baik Waikabubak dan Waingapu, sudah terdapat banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke kedua kota ini dengan transit terlebih dahulu di Bali.

Dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang sekitar 89 km. Apabila memulai perjalanan dari Waingapu maka tujuan adalah mengikuti jalur lintas Sumba menuju baratnya Sumba (Waikabubak). Kurang lebih 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung akan melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di sisi kanan dan kiri jalannya.

Berbeda dengan kondisi jalan di trans Sumba yang beraspal halus, kondisi jalan raya di sekitar sini berbatu. Cukup jauh memang perjalanan menuju ke Pantai Tarimbang.

Namun tidak perlu khawatir karena selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan kontur alam Sumba khusunya perbukitannya yang begitu eksotis di kanan dan kiri jalannya.

Kurang lebih satu setengah jam lamanya akan kembali menemukan sebuah pertigaan yang disebut Simpang Tarimbang. Selanjutnya arahkan kendaraan lurus saja. Masih sekitar 1 jam perjalanan lagi lamanya maka Anda akan sampai di jalan menuju Pantai Tarimbang yang dikelilingi dan tersembunyi di balik hutan asri.



close